Resource pada Game Maker: Studio

Di posting pada tanggal  Monday 4 January 2016





Resource merupakan unsur-unsur pembentuk game atau aset-aset yang mana akan dibutuhkan di dalam sebuah project game. Di dalam Game Maker: Studio, resource telah dikelompokkan dalam sebuah hirarki yang disebut resource tree sebingga akan mempermudah dalam mengakses sebuah resourcce.


Resource atau sumber daya adalah unsur pembentuk game. Unsur tersebut merupakan berkas-berkas yang akan digunakan dalam sebuah project game. Ada beberapa resource yang perlu diketahui di dalam Game Maker: Studio namun tidak perlu menambahkan semuanya (tergantung tipe game). Beberapa akan dijelaskan sebagai berikut.

SPRITE

Sprite adalah gambar yang mewakilkan betuk karakter object. Sebagai tanda bertumbukan object (mask). Tidak hanya sebagai karakter, sprite juga digunakan untuk gambar benda seperti batu, jalan, rintangan dsb. sampai untuk kebutuhan tampilan antarmuka sperti tombol, textbox, cursor mouse dsb.

Maka dari itu, sprite merupakan unsur yang paling penting karena pertama kali yang dilihat pengguna adalah tampilan game.

SOUND

Sama seperti background, sound atau suara merupakan unsur yang tidak harus ada di dalam sebuah game. Intinya sound digunakan sebagai penegas dan penguat latar atau cerita game agar pengguna dapat lebih nyata dalam bermain sebuah game.

Sound dibagi menjadi 2, yaitu SFX (sound effect) dan juga background sound. SFX biasa digunakan di dalam tumbukan benda atau pukulan dan tebasan dalam game action, sedangkan background sound digunakan untuk menambah suasana bermain game. Pernah bermain game RPG kan? coba dengarkan background sound-nya akan sangat membekas jika dimainkan sungguh-sungguh.

BACKGROUND

Suatu game tetap bisa dimainkan meski tanpa background, namun coba bayangkan main game tanpa background. Sangat membosankan bukan? Background merupakan sebuah gambar yang mewakilkan latar dimana game berlangsung. Background menguatkan inti cerita game,

Background dapat dibagi menjadi dua, background normal dan tile (potongan background). Tile umumnya digunakan untuk pembuatan background platform atau membuat map game RPG dan dapat ditempatkan melalui room.

Background tidak hanya diam, namun juga bisa bersifat dinamis dengan adanya kecepatan vertikal atau kecepatan horizontal. Bisa juga menggunakan object sebagai media animasi. Intinya background tidak mempengaruhi karakter atau object lain. Background juga dapat mempengaruhi kualitas game terutama untuk grafis.

Dalam pemilihan background, juga harus disesuaikan dengan karakter dan cerita game yang dibuat. Coba bayangkan jika ada game memancing dengan background gurun, kalo disengaja dan ikannya memang bisa hidup di gurun sih gak masalah, namun secara umum itu sangat tidak logis.

PATH

Path merupakan jalur yang mana akan diikuti sebuah object. Path dapat terbuka opened path atau tertutup closed path. Penggunaan path ini sangat memudahkan untuk menggerakkan object sesuai keinginan tampa harus menambahkan script atau action hanya perlu menggambar path melalui path editor Game Maker: Studio

Illustrasi penggunaan path

SCRIPT

Script merupakan sekumpulan kode yang nantinya bisa dieksekusi melalui sebuah object. Script dapat berupa fungsi (menghasilkan nilai balik) maupun prosedur. Script juga mempunyai beberapa parameter untuk diolah yang biasa disebut argument. Maksimal argument yang bisa digunakan adalah 16.

Penggunaan script sangat memudahkan dalam mengembangkan game. Kita tidak harus membuat beberapa fungsi atau prosedur yang sama berulang-ulang di dalam beberapa object, cukup memanggil script yang dibutuhkan saja.

SHADER

Shader merupakan program kecil yang berguna untuk mengubah warna di setiap pixel di dalam game menjadi warna yang kita inginkan. Penggunaan shader sangat membantu dalam membuat efek game. Shader dapat dipanggil object pada draw event.

normal (tanpa shader)
Shader dengan efek fade to red
Menjadikan efek hitam-putih dengan shader

FONT

Font atau jenis huruf biasa digunakan untuk mempercantik game yang kita buat. Game akan terasa membosankan jika memakai font yang biasa dan hanya 1 jenis.Font juga bisa menjadi identitas game yang kita buat. Penggunaan font akan membuat game kita akan lebih menarik dan mudah diingat.

TIME LINE

Time line digunakan untuk membentuk suatu event yang disebut moment. Kita hanya perlu mengisikan step-step pada time line editor dan di setiap masing-masing step kita bisa menambahkan action yang akan dieksekusi sama seperti object properties. Dalam time line, setiap moment time line sama dengan setiap step game. Penggunaan time line sangat membantu dalam membuat atau menggerakkan karakter game yang memiliki AI (kecerdasan buatan) seperti karakter NPC.

OBJECT

Object merupakan unsur yang paling penting. Dalam suatu object berisi perintah-perintah, script, shader, path atau time line yang dibuat. Di sinilah kita paling sering bekerja kalo sebagai programmer.

Object dapat menggunakan sprite atau tanpa sprite (untuk kebutuhan antarmuka atau pengaturan). Object dan sprite bersama-sama akan membentuk sebuah karakter dalam sebuah game. Object memiliki properties (variable) yang menggambarkan sifat object tersebut. Object akan membentuk gameplay dan menggerakkan karakter yang akan menjadi penentu game kita nantinya seperti apa.

ROOM

Secara umum, room merupakan tempat berkumpulnya unsur-unsur game seperti object dan background. Room juga merupakan tempat meletakkan tile background serta menyetel view (tampilan kamera pada game). Room merupakan unsur paling vital dalam sebuah game yang membentuk tampilan game. Tanpa room game tidak akan bisa berjalan. Room juga menentukan lebar dan panjang ukuran layar game yang kita buat.




Doki Doki Maker
© 2016, Muharif Al Hanif
Semua konten dalam blog ini adalah hak milik penulis dan dilarang untuk memuat ulang di media lain baik media elektronik maupun cetak tanpa ijin terlebih dahulu.

Datapatkan update berita dan tutorial