Pengenalan Game Maker: Studio

Di posting pada tanggal  Thursday 31 December 2015




Game Maker: Studio adalah sebuah software pembuat game yang sangat populer disamping Unity. Fitur utama yang diunggulkan adalah dapat memilih target Platform sesuai yang diinginkan dalam satu project (Cross Platform Scripting). Selain itu, fitur unggulan lainnya adalah Drag'n Drop Action yang memungkinkan pengguna yang tidak memahami bahasa pemrograman tetap bisa membuat game.

SEJARAH SINGKAT GAME MAKER


Game Maker awalnya bermula dari software pengolah aplikasi Animo yang dikembangkan Mark Overmars dengan bahasa Delphi. Pada versi awal, Game Maker memiliki interface terpisah antar komponen windows yang cukup tidak bersahabat bagi pengguna. Setelah Game Maker versi 4, komponen tergabung menjadi satu windows dan sudah dapat membuat game windows sederhana (self-executable compile telah ditambahkan).

Pada Game Maker versi 6, ditambahkan dukungan 3D grafis sederhana yang memungkinkan pengguna untuk membuat game 3D namun kualitas grafis masih sangat kurang. Hingga pada versi 8, Game Maker menggunakan grafis berbasis .PNG yang memiliki dukungan terhadap alpha channel sehingga grafis yang dihasilkan semakin halus.


Grafis pada Game Maker 5

Grafis pada Game Maker: Studio 1.4

Saat ini versi terbaru dari Game Maker adalah Game Maker: Studio yang mana lebih powerfull dalam performa untuk multiplatform.


FITUR-FITUR GAME MAKER: STUDIO


USER INTERFACE & SCRIPTING IDE

Antar muka Game Maker: Studio sangat memudahkan dalam pengembangan game. Mungkin pada awalnya cukup membingungkan, namun kalau sudah terbiasa akan sangat memudahkan karena resource dan ektensi serta game setting sudah dikelompokkan menurut hirarki.

Script editornya juga sangat powerfull dengan beberapa fungsi yang sangat membantu sperti: Highlight Coding / Color Coding, Find and Replace, Auto Completition, ERROR Script Checker dan lain sebagainya.

Script editor pada Game Maker: Studio 1.4

PARTICLE & PHYSIC

Game Maker: Studio memiliki fungsi buitl-in effect dan physic sehingga game yang akan biduat bisa lebih nyata.

MULTI PLATFORM MODULE

Inilah salah satu keunggulan Game Maker: Studio yang mana dapat mentargetkan export game kita ke berbagai platform sesuai modul yang dimiliki.

Berikut adalah beberapa modul Game Maker: Studio.

  • CONSOLE, yaitu PlayStation®4, PlayStation®vita, PlayStation®3 dan Xbox One.
  • MOBILE, yaitu Android, IOS, Windows phone dan Tizen.
  • WINDOWS, yaitu Windows 8, Linux, MacOS dan Windows.
  • HTML5, untuk pembuatan Web Based Game pada halaman web kalian atau web store (Facebook, Chrome Web Store, Firefox Marketplace danAmazon Web)
EXTENSION DAN EXTERNAL LIBRARY

Selain banyak fungsi buitl-in, Game Maker: Studio juga support extension dan dynamic link library yang dibuat dengan bahasa pemrograman seperti Delphi atau C untuk penambahan fungsi.

Jika kalian belum mengerti bagaimana cara membuatnya, sudah banyak tersedia baik di internet ataupun di marketplace.

SHADER

Shader merupakan program yang berjalan pada kartu grafis untuk mengolah pengeluaran visual pada game. Dengan adanya shader, game kita akan lebih bagus karena adanya efek tersebut.

YOYO COMPILER

Yoyo compiler atau biasa disingkat YYC digunakan untuk meningkatkan performa game. YYC dapat menjadikan game berjalan 100 kali lipat lebih cepat dengan memanfaatkan kecepatan maksimum CPU.


LISENSI GAME MAKER: STUDIO


Game Maker: Studio terdiri dari beberapa versi. Mulain dari versi free, standart, profesional hingga master. Versi free dan standart merupakan versi gratis dari Game Maker: Studio namun ada beberapa fungsi yang dibatasi.

Untuk melihat secara lengkap fitur-fitur dari berbagai versi Game Maker: Studio, bisa di lihat melalui tombol berikut.


Demikian adalah pengenalan singkan dan beberapa fitur-fitur Game Maker: Studio, sebenarnya masih banyak lagi jika kalian mau meng-explore lagi.




Doki Doki Maker
© 2016, Muharif Al Hanif
Semua konten dalam blog ini adalah hak milik penulis dan dilarang untuk memuat ulang di media lain baik media elektronik maupun cetak tanpa ijin terlebih dahulu.

Datapatkan update berita dan tutorial