Mungkin bebeapa dari kita pernah mengalamin kegagalan dalam menyelesaikan project game, khususnya bagi sebuah Indie game developer. Hal ini banyak dialami oleh mereka yang kurang baik dalam perencanaan dan target pembuatan game dari awal.
Kali ini saya akan membahas tentang kegagalan pembuatan game yang sering dialami oleh beberapa developer game, apalagi seorang single fighter seperti saya.
Kegagalan pembuatan game ini seperti "tidak bisa menyelesaikan game", "project game akan dilanjutkan lagi entah kapan" hingga sampai "project game dibatalkan".
PENYEBAB GAGALNYA SEBUAH PROJECT GAME
Berikut ini adalah penyebab gagalnya pembuatan game khususnya pada Indie Game Developer menurut pendapat saya.
Menggunakan metodologi pengembangan yang kurang tepat
Mungkin kita sering meremehkan metodologi pengembangan game dan mementingkan coding di atas segalanya. Namun hal inilah yang lama-kelamaan akan membuat project kita menjadi "rumit" dan sulit untuk dikembangkan.
Menentukan target yang terlalu besar
Memiliki target besar memang bagus, namun kita tetap harus sadar seberapa besar kemampuan kita. Jangan sampai ekspektasi kita berada di luar kemampuan. Hal ini bisa menyebabkan "kita gagal di tengah-tengah pertempuran" (saat membuat game).
Membuat game tidak perlu muluk-muluk. Mau pakai OS inilah OS itu lah pake fitur inilah fitur itulah. Buatlah game yang simple dan sesuai kemampuan kalian.
Tidak ada waktu untuk melanjutkan project game
Terkadang kita sering bentrok waktu untuk melanjutkan pembuatan game dengan kegiatan lainnya. Hai ini tidak bisa kita hindari memang, apalagi bagi seorang pelajar atau mahasiswa akhir.
Bagi seorang yang gemar membuat game, waktu libur panjang akan terasa menyenangkan dan merupakan saat yang ditunggu-tunggu untuk melanjutkan pembuatan game.
Terlena akan ide game lain yang dirasa cukup menarik
Ini adalah hal yang sering saya alami dan menyebabkan project saya banyak yang tidak dilanjutkan.
Kita boleh memiliki ide lain saat kita sedang dalam proses membuat game, namun sebaiknya kita fokus terlebih dahulu pada game yang kita buat saat ini. Apalagi kita menggunakan metodologi pengembangan yang salah. Jika kita memulai project game baru, akan sulit untuk melanjutkan game yang telah kita buat sebelumnya.
Tidak memiliki gairah melanjutkan project game
Setiap developer (tidak hanya game developer) ada kalanya mengalami "titik jenuh" dalam mengerjakan suatu project, yaitu saat kita merasa malas, bosan dan enggan melanjutkan project yang sedang kita buat. Hal inilah yang menyebabkan progress project game kita tidak ada kemajuan.
Dorongan rasa malas dan bosan ini merupakan hal yang wajar apabila kita terlalu lama melakukan aktivitas yang sama berulang kali.
Data project kita hilang
Ini adalah faktor yang tidak terduga, namun beberapa developer pernah mengalami kasus data project yang sedang dikerjakan hilang. Hilangnya berkas-berkas ini bisa terjadi karena virus atau pun media penyimpanan yang sudah rusak.
Kasus seperti ini terdengar remeh, namun akibatnya sangat fatal apalagi kita tidak memiliki cadangan data project tersebut.
Kondisi fisik yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan project
Kebanyakan programmer tidak memiliki waktu yang cukup untuk olah raga dan makan-makanan yang sehat. Gaya hidup ini apabila terus dilakukan dapat menyebabkan berbagai penyakit dan pada akhirnya akan merugikan diri sendiri.
Jika penyakit yang diderita cukup ringan seperti demam maka tidak masalah, namun bayangkan jika penyakit yang diderita cukup berat dan fatal bagi seorang programmer, seperti carpal tunnel syndrome, maka dengan terpaksa project yang kita kerjakan terancam gagal.
Tips menghindari kegagalan dalam pembuatan game
Berdasarkan faktor-faktor penyebab di atas, saya akan memberikan beberapa tips yang mungkin dapat menghindari project game yang sedang kita buat dari kegagalan.
Menggunakan metodologi pengembangan yang tepat
Setiap membuat project perangkat lunak, tentunya ada metodologi pengembangan yang digunakan. Mulailah pelajari dan gunakan metodologi mana yang tepat untuk mengembangkan game kalian. Hal ini memudahkan kita dalam membuat game apalagi dengan target yang ditentukan (deathline).
Ukur kemampuan diri
Buatlah game dengan tingkat kesulitan sesuai dengan kemampuan optimal kita. Jika ada kesulitan, cobalah bertanya pada yang lebih tahu atau ke forum Game Maker Indonesia atau ke grup Facebook.
Untuk pengembangan game skala menengah ke atas, ajaklah temanmu yang bisa diandalkan. Membuat grup seperti ini akan saling membantu jika masing-masing menghadapi kesulitan.
Manfaatkan waktu yang ada secara optimal
Jika kalian adalah orang yang sibuk, manfaatkanlah celah-celah waktu yang ada secara optimal. Jika perlu buatlah target perencanaan akan hal yang dapat diraih setiap hari.
Fokus pada game yang sedang kita kerjakan
Jika kita memiliki ide game yang lain, catatlah ide tersebut. Kerjakan pada suatu waktu karena project game yang kita buat saat ini adalah prioritas yang utama.
Tingkatkan motivasi diri
Untuk menghadapi rasa malas yang mendera, cobalah pergi ke luar sebentar. Mengganti sudut pandang dapat menghilangkan rasa kebosanan. Renungkanlah hal yang akan dicapai saat game selesai nanti. Berfikirlah "betapa hebatnya game yang sedang ku buat ini".
Selalu Back-up data project kita
Buatlah Back-up project kalian sesering mungkin pada media penyimpanan lain. Jika tidak ada, saya sarankan manfaatkanlah layanan Cloud Storage yang banyak tersedia untuk mem-Back-up project game kita.
Jaga kesehatan dan istirahat yang cukup
Usahakan setiap hari kita berolah raga dan istirahat yang cukup. Bekerja di depan komputer terlalu sering dapat menyebabkan stres dan tidak baik bagi kesehatan.
Jika kita rajin berolah raga, sirkulasi darah akan lancar dan suplai oksigen ke otak juga lancar. Hal ini dapat membuat pikiran kita lebih fokus untuk menyelesaikan game yang sedang kita kerjakan.
Makanlah makanan yang bergizi, sekali-kali makan fast-food boleh-boleh saja asal tidak terlalu sering.
Demikianlah postingan sekaligus tips yang dapat saya berikan kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Jika ada kata-kata yang salah saya mohon maaf. Apabila ada saran dan kritik atau hal yang kurang jelas, silahkan berkomentar.